Jumat, 15 Juli 2011

PROFESI AKUNTANSI

Profesi Akuntansi
Akuntan adalah suatu profesi dibidang akuntansi yang dapat disejajarkan dengan dokter, ahli hukum, insinyur, notaris, dan sebagainya. Propesi akuntansi dibedakan atas beberapa macam, diantaranya akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidik.
1. Akuntan Umum (Public accounting)
Akuntan umum adalah akuntan ekstren yang kegiatanya memberikan layanan kepada masyarakat yang memerlukan jasa akuntan sebagai berikut:
a. Pemeriksaan laporan keuangan.
b. Penyusunan system akuntansi .
c. Membuat studi kelayakan.
d. Membantu menyusun laporan keuangan untuk kepentingan perpajakan.

2. Akuntan Pemerintah (government accounting)
Akuntansi pemerintah adalah akuntansi yang bekerja pada instansi pemerintah ssebagai Badan Pemeriksa Keuangan dan Inspektorat Wilayah Provensi. Tugasnya melakukan pengawasan dan pemeriksa terhadap aliran keuangan Negara dan melakukan perancangan system akuntansi untuk menyajikan informasi guna kepentingan para pejabat eksekutif dalam pemerintahan, imbalan jasa diterima dari pemerintah.




3. Akuntansi Intern atau Akuntansi Perusahaan (Pivate accountant)
Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi akuntan intern, disebut juga akuntan perusahaan. Tugas yang dikerjakan merupa penyusunan system akuntansi, penyusunan laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, penyusunan laporan keuangan kepada pimpinan perusahaan, penyusunan anggaran, penanganan masalah perpajakan, dan pemeriksaan intern.
Dilihat dari segi jabatannya diperusahaan, akuntan intrn perusahaan dibedakan menjadi:
a. Staf ahli pemeriksaan intern (internal Auditor)
Kegiatanya melakukan pemerikasaan dan pengawasaan terhadap pelaksanaan pembukuan dalam suatu perusahaan agar sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.
b. Staf ahli anggaran
Kegiatanya menyusun anggaran yang sifatnya sederhana untuk keperluan intern perusahaan berdasarkan hasil evaluasi anggaran yang lalu.
c. Staf ahli perpajakan
Kegiatanya menyusun laporan untuk kepentingan perpajakan.
d. Bagian pembukuan
Kegiatanya melakukan pencatatan terhadap semua transaksi keuangan dalam perusahaan.
e. Kontroler
Merupakan kepala bagian akuntansi suatu perusahaan yang kegiatanya melakukan pengawasan terhadap jalanya kegiatanya melakuakn pengawasan terhadap jalanya kegiatan perusahaan tersebut.

4. Akuntan Pendidik (Accounting Instructor)
Merupakan akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi, yaitu manajer, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi, dan melakukan peneliatian dibidang akuntansi.

5. Akuntan Manajemen (Managenment Accountan)
Merupakan akuntan yang kegiatanya membantu pimpinan perusahaan, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun merencanakan kegiatan masa yang akan datang dengan mengacu kepada data historis dan taksiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar