Jumat, 15 Juli 2011

BIDANG-BIDANG AKUNTANSI

Bidang Akuntansi
Akuntansi tidak lagi hanya bersifat keilmuan tetapi sudah berkembang menjadi profesi yang mandiri. Berdasarkan tujuannya akuntansi dapat dibedakan sebagai berikut:
1. Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan merupakan aplikasi akuntansi secara keseluruhan untuk suatu unit ekonomi. Fungsi pokoknya adalah memelihara catatan atas transaksi-transaksi usaha dan menyiapkan laporan-laporan berkala atas usaha tersebut.
2. Akuntansi Manajemen
Akuntansi manajemen menyiapkan data historis maupun taksiran dalam membantu pekerjaan manajemen sehari-hari dan merencanakan operasi perusahaan. Tugas akuntan disini seringkali menghadapi persoalan-persoalan khusus yang dihadapi perusahaan, seperti pemilihan alternative yang dipakai dalam suatu proses produksi dan sebagainya.
3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Akuntansi biaya berhubungan dengan penentuan serta pengawasan biaya dalam suatu perusahaan. Bidang ini penting terutama perusahaan yang bersifat “manufacturing”(pabrik) , dimana diperhitungkan biaya produksi, distribusi, dan biaya-biaya, penyusunan laporan biaya, penentuan biaya berdasarkan departemen, fungsi, tanggung jawab, aktifitas produksi , periode dll.


4. Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)
Merupakan bidang khusus yang berada dalam mencatat dan melaporkan transaksi-transaksi yang dilakukan pemerintah serta lembaga-lembaga pemerintah.
5. Auditing (Auditing Investigation)
Kegiatan bidang akuntabsi ini adalah melakukan pemeriksaan atas pencatatan dan laporan yang dihasilakn bidang akuntansi keuangan. Tujuanya untuk mengetahui apakah sesuai dengan standar Akuntansi keuangan (SAK) dean dalam melakukan pemeriksaan harus sesuai dengan Norma Pemeriksaan Akuntansi (NPA).
6. Akuntansi Perpajakan ( Tax Accounting)
Bidang akuntansi perpajakan mencakup penyusunan surat pemberitahuan pejak serta mempertimbangkan konsekuensi perpajakan dari transaksi usaha yang direncanakan.
7. Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting)
Bidang akuntansi anggaran menyajikan rencana operasi keuangan untuk suatu periode tertentu dan menyampaikan data perbandingan dari operasi sebenarnya dengan rencana yang telah ditetapkan.
8. Akuntansi Pendidikan
Bidang akuntansi ini merupakan bidang spesialisasi akuntansi yang bergerak dalam penyebaran pendidik akuntansi pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar